Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Welcome Speech Pembinaan Statistik Sektoral Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2024

Kamis, 07 Maret 2024 | Maret 07, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-08T06:24:52Z


TransSulteng
- Parigi Moutong - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong yang diwakili Kepala Bappelitbangda, Irwan, membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral (PSS), bertempat di Hotel Anutapura, Kelurahan Kampal Kec. Parigi, Kamis (8/3/2024). 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Parigi Moutong, melaksanakan pembinaan statistik sektoral bagi OPD Kabupaten Parigi Moutong, kegiatan tersebut kiranya dapat memberikan pemahaman kepada kita semua mengenai penyelenggaraan statistik yang baik dimulai dari tahap perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan hingga penyebarluasan statistik.

"Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini kita sebagai OPD dapat menghasilkan statistik sektoral berkualitas, relevan, akurat, aktual, dapat mudah diakses, koheren dan akuntabel. Sehingga statistik yang dihasilkan memberikan manfaat kepada pengampu kebijakan dalam mewujudkan Kabupaten Parigi Moutong yang produktif, maju, aman, tertib dan berdaya saing"ungkapnya.

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik menyebutkan penyelenggaan statistik sektoral merupakan tanggung jawab penuh Pemerintah sesuai lingkup tugas dan fungsinya. Sehingga kegiatan ini diharapkan terjadi kolaborasi antara BPS Kabupaten Parigi Moutong dengan Perangkat Daerah Kabupaten Parigi Moutong dalam melaksanakan kegiatan statistik sektoral untuk menunjang tercapainya Satu Data Indonesia (SDI).

"Dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai pelaksana statistik sektoral tentu kita sebagai Pemerintah Daerah harus saling koordinasi dan kerjasama dengan BPS dalam penerapan penggunaan konsep, definisi, klasifikasi dan ukuran-ukuran yang telah dibakukan dalam rangka pengembangan Statistik Nasional"tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPS Kabupaten Parigi Moutong, Simon, mengatakan kegiatan ini dihadiri oleh 28 OPD dengan menitikberatkan pada domain Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), di tahun 2023 berdasarkan hasil EPSS Indeks Pembangunan Statistik di Kabupaten Parigi Moutong mendapat predikat kurang.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan ini memberikan penjelasan  terkait tahapan – tahapan yang harus dilakukan oleh perangkat daerah dalam melaksanakan kegiatan statistik sektoral agar kegiatan statistik sektoral yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah bisa diarahkan menggunakan metode statistik yang tepat dan tidak terjadi tumpang tindih dalam pengumpulan data sehingga menghasilkan statistik sektoral berkualitas sekaligus meningkatkan Indeks Pembangunan Statistik di Kabupaten Parigi Moutong" Ujarnya.

Ditambahkan nya, penjelasan tentang gambaran umum Perpres nomor 39 Tahun 2019 dan mengharapkan SDI di Kabupaten Parigi Moutong sudah dapat berjalan. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa Satu Data Indonesia dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh Instansi Pusat dan Instansi Daerah untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Sebagai pemateri dalam kegiatan ini adalah : Bappelitbangda Kab. Parigi Moutong Ikbal Karim, BPS Kab. Parigi Moutong Fakri dan Mutia.


Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini