Ekspos Kesiapan Kawasan Pangan Nasional (KPN) Sulawesi Tengah depan Menteri Pertanian RI


Transsulteng-Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura Jumat, 15 Juli 2022 menyampaikan kesiapan Kawasan Pangan Nasional (KPN) di Sulawesi Tengah di depan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang didampingi seluruh Dirjen Kementan RI. 

Berikut hal penting disampaikan gubernur adalah ; 

1. Sulteng menyiapkan lahan total 178 ribu hektare dengan rincian 90 ribu hektare telah siap standing crope dan poligon. Sedangkan sisanya 80 ribuan hektare adalah areal potensi bukaan baru, termasuk Desa Talaga Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala. 

2. Gubernur mengistilahkan _Tidak Boleh Lahan Tidur, Yang Ada Orang Tidur di Lahan_di Sulteng. Dengan artian ke depan pertanian adalah upaya Sulteng menyangga pencegahan inflasi nasional. Dalam hadist nabi menyebut _Walau besok Kiamat, Ada bibit mesti tetap ditanam_ yaitu Mendemamkan pertanian kepada masyarakat. 

3. Saat ini Sulteng setiap hari menyuplai 15 ton sayur ke Kalimantan dan 30-50 ton pertahuan beras ke Kalimantan. Saat ini dengan maraknya pertambangan, Sulteng bertekad menjadi penyuplai komoditi pertanian. 

4. Kebijakan Sulteng menjaga sebagai kawasan pangan salah satunya menetaokan menjadikan Kabupaten Poso sebagai lokasi pertanian menyuplai komoditi pertanian untuk wilayah pertambangan Morowali dan Morowali Utara dan sekitarnya. 

5. Menyiapkan Karawana (eks likuifaksi) Kabupaten Sigi sebagai lokasi peresmian Food Estate dan KPN oleh Wakil Presiden yang direncanakan 24 September 2022 mendatang. siap diresmikan wapres. 

Sementara hal - hal penting yang diingatkan oleh Mentan SYL sebagai berikut; 

1. Paling penting mengelola kebijakan adalah : gubernur mau, anak buahx tdk main main, terkonsepsi (detail dan terstruktur dan jelas endingx). Istilah presiden tdk menetas. Jgn hanya melayang layang. 

2. Jalan terus pak gub, saya sebagai Mentan ada di belakang Anda !

3. Tdk ada bantuan dr Kementan yg ada semua dikonsepsikan, Pertanian itu langsung menyentuh ke rakyat, termasuk industri dan semua sektor. Pertanian menjaga bangsa. 

4. Kalau ad bupati main main tinggalkan ; 60 % penyokong dr seluruh inflasi RI. Indo urutan 4 d dunia. 

5. Tambang mewujudkan City Ghoes 

6. Sulteng penyangga masa depan Indonesia kawasan Intim. Saya di belakang anda !! 

7. 100 rb ha siapkan sy: sending akan sy turunkan gugus tugas k sulteng. Tanaman pangan apa? Mis jagung, kosentrasi hulu hilir, 

8. Menutup Inflasi dari Sulteng 

9. Subtitusi impor sulteng siap 

10. 3 x lipat ekspor dr lalu 

11. Belanja investasi pakai KUR pertanian. 

12. 1 bln lagi action ! 

13. Ratas minggu depan dibahas Sulteng. 

14. Sblm 17 agts : program jalan !! 

Demikian keterangan ini disampaikan Tenaga Ahli Gubernur Bidang Komunikasi Publik (PR) 

Andono Wibisono 

Jakarta 15, Juli 2022/LP - SD

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1