Notification

×
Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Andhika Balon Anggota DPD Berbaur dengan Emak-emak di Sigi

Selasa, 09 Mei 2023 | Mei 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-10T05:05:39Z


TransSulteng -Sigi - Usai menemui tokoh masyarakat Kabupaten Donggala, yang juga keturunan raja Banawa, H Datu Wajar Lamarauna S.sos MSi, Andhika Mayeizal Amir, bakal calon anggota DPD RI Dapil Sulawesi Tengah blusukan ke Kabupaten Sigi, 9 Mei 2023 Desa Tulo Kecamatan Dolo. 

Di desa itu, Andhika ditemui ratusan emak-emak dan curhat ke dirinya soal problem wira usaha rumah tangga dan pengembangannya. Warga Desa Tulo dan umumnya di Sigi berharap nantinya Andhika tidak hanya sekedar datang dan tidak ingat lagi. ‘’Tolong ya nak. Kamu masih muda perjuangkan nasib kami ke atas (pusat.red). Kami doakan dan mendukung komiu semoga menjadi wakil rakyat Sulteng di Jakarta (DPD.red),’’ tandas Mirmah, salah satu emak-emak Sigi. 

Suasana kekeluargaan dengan silaturahmi bulan Idul Fitri, Andhika menyebut akan selalu menjadi bagian perjuangan emak-emak Sulteng meningkatkan taraf hidup keluarga dengan ekonomi kreatif berbasis keluarga. Wira usaha perempuan yang mandiri, adalah salah satu cara pengurangan kemiskinan di daerah. Andhika meminta doa restu semoga seluruh niat baik emak-emak dan dirinya dikabulkan Allah SWT. 

Sebelumnya, Senin 8 Mei 2023, bertemu dua keturunan kerajaan di wilayah Sulawesi Tengah. Yaitu, Andhika Mayrizal Amir, putra Wakil Gubernur Sulteng yang dari keturunan raja Banggai, Sykuran Amir. Sedangkan satunya adalah keturunan raja Banawa, H Datu Wajar Lamarauna S.sos MSi. Ada apa keduanya bertemu? Menariknya, pertemuan keduanya diiringi hujan. Padahal cuaca beberapa pekan terakhir di Kota Palu sangat panas. 

Pertemuan tersebut guna menyambung tali silaturahmi dalam suasana Idul Fitri di momentum bulan Syawal 1444 hijriyah. Sebagai tokoh muda, Andhika sangat terhormat diterima dengan suka cita Tokoh Muda masyarakat Kabupaten Donggala di kediamannya Jalan Basuki Rahmat Palu Selatan. 

Andhika menyampaikan salam keluarga kepada ‘pua’ Datu Wajar Lamarauna sebagai tokoh muda, tokoh adat wilayah Donggala. ‘’Sebagai adik dari Timur Sulawesi Tengah saya meminta nasehat kakak yaitu Pua Datu di wilayah Barat Sulawesi Tengah. Pertemuan ini saya sudah rencanakan lama, tapi dengan kesibukan sebagai notaris di Tangerang jadi tertunda-tunda,’’ ujar Andhika, bakal calon anggota DPD RI Dapil Sulteng itu. 

Di era digitalisasi, sebagai anak muda, dirinya berharap nilai-nilai keadatan, budaya dan sosial kultural Sulteng mesti dijaga dengan cara dan model zaman yang telah berkembang. ‘’Era modernisasi justru sangat tepat dijadikan alat untuk menjaga nilai adat budaya dengan sentuhan digitalisasi. Itulah saya datang dengan kak Datu ini,’’ ujarnya. 

Bagi Datu, yang tanggal 16 Mei 2023 dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten pengganti antar waktu (PAW) Fraksi Gerindra kedatangan Andhika direstui alam, dengan hujan. ‘’Mudah-mudahan ini berkah karena niat yang baik. Aminn,’’ sambutnya. 

Keduanya akhirnya berbicara dalam pertemuan berdua selama 45 menit. Tepat pukul 15.00 Wita Andhika diantar Datu Wajar Lamarauna depan rumahnya meninggalkan kediaman turunan raja Banawa tersebut. Andhika datang didampingi Tenaga Ahli Gubernur bidang Komunikasi Publik Andono Wibisono dan Sekpri Wagub, Ahmad Ridwan Hasman. 

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini